Minggu, 06 Maret 2011

System Pendinginan Sepeda Motor

Mesin adalah suatu alat yang mengubah energi gerak, apabila mesin itu bekerja secara terus menerus maka akan menghasilkan panas yang luar biasa, oleh karena itu mesin membutuhkan pendinginan agar mesin tidak overheat, dan tetap pada suhu kerja ( 0 450' C ). Sistem pendinginan pada sepeda motor yang sering di pakai ada 2 jenis, yaitu sistem pendinginan udara dan sistem pendinginan cairan/liquid.
Untuk sepeda motor yang memakai sistem pendinginan udara, mesinnya hanya mengandalkan dari hembusan angin yang menerpa mesin biasanya pada silinder dan kepala silindernya di lengkapi dengan sirip-sirip yang berfungsi untuk melebarkan permukaan pendinginan dan agar mesin cepat melepas panas. Perawatan sistem pendinginan udara sangat mudah, hanya dengan memastikan tidak ada kotoran yang menempel pada sisip silinder dan kepala silinder yang dapat menghambat proses pelepasan panas mesin.
Untuk sepeda motor menggunakan sistem pendingin cairan/liquid, pada mesinnya ada penambahan beberapa komponen tambahan diantaranya radiator, dan untuk perawatannya juga di perlukan sedikit lebih ekstra karena kita harus mengecek dan menambah cairan radiator (radiator coolant) serta mengecek selang radiator dari kebocoran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar